BAGIAN HUMAS DAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Bagian Humas dan Peraturan Perundang-undangan dibagi menjadi 2 sub bagian yang terdiri dari Sub. Bagian Humas & Protokol dan Sub. Bagian Peraturan Perundang-undangan. Adapun tugas dan fungsi bagian Humas dan Peraturan Perundang-undangan adalah sebagai berikut:

  • Tugas:

Menyiapkan bahan untuk penyusunan Rancangan Peraturan dan produk-produk DPRD, melakukan dokumentasi produk-produk hukum daerah, mengadakan publikasi dan menerima informasi masyarakat serta mengelola perpustakaan dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

  • Fungsi:
    1. Pengumpulan bahan dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah dan Produk Hukum DPRD;
    2. Pengumpulan bahan untuk keperluan dokumentasi dan publikasi kegiatan-kegiatan DPRD;
    3. Pengumpulan dan pemeliharaan produk hukum DPRD serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas pokok dan kewenangan DPRD; dan
    4. Pelayanan informasi kepada masyarakat dan lembaga pemerintah mengenai produk hukum DPRD dan Kegiatan DPRD.

 

Sub. Bagian Humas dan Protokol

Sub bagian humas dan protokol mempunyai tugas  dan fungsi  sebagai berikut:

  • Tugas:

Mendokumentasikan dan mempublikasikan produk dan kegiatan DPRD, melaksanakan acara protokoler DPRD dan Sekretariat DPRD, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Humas dan Peraturan Perundang-undangan.

  • Fungsi:
    1. Pendokumentasian dan pemublikasian produk hukum dan kegiatan DPRD;
    2. Pelaksanaan acara protokoler DPRD dan Sekretariat DPRD;
    3. Penghimpun, penginventarisasi dan pembukuan Buletin DPRD di media massa; dan
    4. Penyusunan buku memori akhir masa tugas DPRD.

 

Sub. Bagian Peraturan Perundang-undangan

Sub bagian peraturan perundang-undangan mempunyai tugas  dan fungsi  sebagai berikut:

  • Tugas:

Menyiapkan bahan penyusunan produk hukum DPRD dan Pimpinan DPRD, mengumpulkan data peraturan perundang-undangan serta mengelola perpustakaan Sekretariat DPRD dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Humas dan Perundang-undangan.

  • Fungsi:
    1. Penyiapan  bahan  penyusunan  Keputusan  DPRD  dan   Keputusan Pimpinan DPRD;
    2. Penyusunan Keputusan Sekretaris DPRD;
    3. Penyiapan bahan penyusunan dan laporan hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah;
    4. Pengumpulan bahan dan data peraturan perundang-undangan;
    5. Penyebarluasan produk hukum DPRD;
    6. Pengelolaan perpustakaan Sekretariat DPRD; dan
    7. Penyiapan  rencana  kebutuhan  buku  bacaan  dan  buku  peraturan perundang-undangan untuk kebutuhan DPRD.
­